Apa yang berubah?

Hai!

Mungkin aku sekarang jarang ngepost hal-hal personal seperti dulu. Baiklah, sekali-kali tidak mengapa.

Sudah 6 bulan aku menjadi anak kos, sejak menerima kenyataan bahwa aku berkuliah di BDK Malang, yang terletak 90 km dari Surabaya.

Baiklah, langsung saja.

Q&A

Tanya sendiri, jawab sendiri.

Q : Bagaimana kehidupan kuliah di PKN-STAN, khususnya BDK Malang?

A : Hampir sama dengan kampus-kampus lain. Hanya saja, kegiatan mungkin lebih sedikit dibandingkan kampus lain, karena masa pendidikan kami hanya 1 tahun saja, sehingga tentu saja kami ‘puasa’ dulu, dengan fokus belajar untuk mempersiapkan masa depan kami selanjutnya.

Namun, kegiatan di PKN STAN tidak kalah seru dengan kampus lain, ada STAN FAIR (karnaval dengan tema berbeda per kelas, bazar juga), PEKMA (Pekan Mahasiswa, setelah UAS), dan lain-lain.

Q : Tadi kan secara umum, menurut kamu sendiri?

A : Asyik-asyik saja sih menurutku. Kalau masalah kegiatannya yang nggak banyak, ya itu kan karena memang masa pendidikan yang singkat, 1 tahun saja. Setelah itu banyak kegiatan yang lebih yang ada pada kita nantinya. Kalau UKM, ada beberapa, seperti musik, jurnalis, dan sebagainya. Aku ikut UKM musik dan jurnalis, walau lebih aktif di jurnalis, hehe.

Q : Bagaimana pelajarannya?

A : Sulit, tapi tidak ada yang tidak mungkin. Jujur, aku harus beradaptasi dalam waktu yang cukup lama. Di sini aku bertemu dengan ‘musuh abadi’ sejak SMP, yaitu Pengantar Akuntansi. Namun, lambat laun aku mulai dapat mencernanya, dengan bantuan Allah melalui perantara guru dan teman-teman yang baik. Begitu juga dengan mata pelajaran yang lain.

Q : Bagaimana dosennya?

A : Mereka datang dari berbagai instansi. Ada Widyaiswara (dosen para pegawai juga), Karyawan di DJP (biasanya dari KPP sekitar Malang), dan dosen dari perguruan tinggi di sekitar Malang (biasanya dari UB). Kadang kita harus menyesuaikan dengan jam mereka yang padat, namun Alhamdulillah, selama ini kami bisa menyesuaikan.

Q : Bagaimana teman-temannya? Apakah selalu ke mana-mana bawa buku? Ke mana-mana selalu belajar?

A : Wah, tidak semua seperti itu ya. Aku malah webtoon-an kalau lagi nggak belajar. Memang, kebanyakan mahasiswa PKN-STAN itu rajin, namun itu kan juga untuk kebaikan kita ya, apalagi materi yang ada padat dan banyak, dan masa pendidikan kita singkat.

Q : Kamu tinggal di mana selama perkuliahan?

A : Aku ngekos, di daerah Teluk Cendrawasih, Arjosari, Kota Malang.

Q : Bagaimana rasanya ngekos?

A : Tentu saja sangat berbeda dari kehidupanku sebelumnya, setelah 18 tahun selalu tinggal bersama keluarga (9 tahun di rumah nenek, sisanya di rumah orang tua). Tentu saja pertamanya tidak mudah ya … harus apa-apa sendiri, masak sendiri, dan sebagainya. Belum aku harus menyesuaikan dengan aturan kos (kebetulan kosku adalah kos yang dimiliki oleh orang yang berdisiplin tinggi, sedangkan aku cuwawakan).

Di kos ini juga aku punya ‘keluarga’ baru, siapa mereka? Magic Girl!

magic-girl-1
Magic Girl, saat masih 9 orang. (Atas / kiri-kanan) : Putri, Exact, Fifi, Marina (Bawah / kiri-kanan) : Chyntia, Aku, Rizky, Neni, Aura. Foto ini diambil saat Magic Girl merayakan ulang tahunku dan ulang tahun Rizky.
magic-girl-2
Magic Girl ketika hendak pulang ke rumah masing-masing. (Kiri-kanan) Exact, Fifi, Veda, Aku, Aura. Kami sudah menjadi 10 orang 😺😺😺

Q : Bagaimana teman-teman di BDK?

A : Alhamdulillah, aku mendapat teman-teman yang baik dan beragam di BDK, khususnya di kelas Pajak F, kelas di mana aku ditempa dengan ilmu-ilmu dan pelajaran-pelajaran hidup lainnya.

pajak-f-stanfair
Teman-teman Pajak F saat STAN FAIR November 2016

Q : Lebih santai mana kehidupanmu saat SMA dengan yang sekarang?

A : Tentu saja lebih santai saat SMA. Di SMA aku masih ikut orang tua, dan aku juga masih mengikuti cukup banyak kegiatan. Di SMA, belajar H-1 ulangan itu hal biasa. Tapi di sini, aku sudah tidak bisa lagi belajar dengan cara yang seperti itu.

Terimakasih teman-teman yang telah menyadarkanku betapa indahnya bila kita mencicil pelajaran yang ada, khususnya dari Pajak F dan Magic Girl.

Q : Adakah orang yang kaujadikan panutan?

A : Ada, banyak.

Q : Adakah yang berubah dari dirimu dibandingkan saat SMA?

A : Tentu ada. Aku menjadi lebih mengerti bagaimana kalau kita jauh dari orang tua, bagaimana menaati aturan yang ada di kos maupun kampus, bersama-sama dengan orang yang sama sekali berbeda dari kita, beradaptasi dengan pelajaran yang sama sekali baru di dunia kita, dan masih banyak lagi.

Sekian Q&A singkat dariku. Bila ada hal yang mau ditanyakan, bisa kontak di kolom komentar di bawah ini.

Hehe.

 

Penulis: nabillaeda

Aquaforager / FiNe

Tinggalkan Balasan

