Akun

Kembali lagi~

Sudah lama aku tidak menulis di sini. Ke mana saja? Tentu saja, tugas di semester kedua ini lebih padat.

Kali ini, aku mau menuliskan pengalaman tentang pelajaran yang sangaaat spesial di kampusku ini. Pelajaran ini memiliki 3 SKS, berhubungan dengan uang dan angka, serta dapat menjadi dasar untuk yang lain. Apa itu?

AKUNTANSI!

Oke, langsung saja.

Perkenalanku dengan Akuntansi bermula saat SMP. Ketika itu, di Spega — julukan dari SMP Negeri 3 Surabaya itu memiliki pelajaran Mulok (Muatan Lokal) yang wajib untuk seluruh siswa kelas 7 yaitu Tata Buku.

Kesan pertamaku dengan pelajaran ini :

“Wah, Tata Buku? Bagaimana ya pelajarannya nanti? Apakah kita nanti akan menata buku di perpustakaan?”

Astaghfirullah. Ternyata aku salah!

Ternyata pelajaran ini adalah nama lain dari Akuntansi. Aku berusaha untuk beradaptasi pada pelajaran ini. Banyak sekali akun yang ada, pikirku saat itu. Sempat aku berpikiran seperti ini :

“Duh, ngapain sih kok ada Akuntansi? Terima uang ya terima aja! Masak Kas debet Modal kredit? Kreditnya dari mana coba?”

Lalu aku jadi malas-malasan belajar Akuntansi, terlebih aku tidak punya bukunya. Selain itu, guru Akuntansi saat itu juga sering mengomentari tulisanku yang tipis (sampai sekarang tulisanku masih tipis, artinya bekas di belakang tidak begitu kentara. Maaf ya Bu … muridmu ini memang bandel!)

Kemalasanku itu berdampak pada nilai Tata Buku yang kurang dari mata pelajaran yang lain.

Untungnya, ketika kelas 8, tepatnya pada semester kedua, kami diperbolehkan memilih Muatan Lokal. Aku pun memilih Elektronika. Mengapa? Karena menurutku itu lebih mengasyikkan, saat itu.

Aku pun setia pada Mulok Elektronika sampai lulus.

Ketika aku menjadi siswa Smala — julukan dari SMA Negeri 5 Surabaya, aku pun bertemu lagi dengan Lintas Minat Ekonomi. Ketika kelas 10 dan 11, ekonomi yang diajarkan masihlah Ilmu Ekonomi. Barulah ketika kelas 12 ada pelajaran Akuntansi.

Kemalasanku muncul lagi. Terlebih aku cukup kurang dalam mata pelajaran Ekonomi saat itu. Pokoknya pelajaran yang aku senangi saat itu hanyalah satu : Biologi.

“Kenapa sih harus ada Lintas Minat Ekonomi? Nggak bisa milih lagi!”

Untungnya, mata pelajaran Ekonomi ini hanya sampai Ujian Sekolah. Matilah aku bila sampai masuk UN, apalagi SBMPTN.

Titik Balik

Seusai UN, aku pun berjuang mencari kampus melalui jalur tulis. Tentu saja, jalur yang bisa kuperjuangkan adalah jalur tulis, mengingat aku tidak termasuk dalam 75% SNMPTN saat itu. Salah satu jalur tulis yang kucoba adalah USM PKN-STAN.

Alhamdulillah, Allah mengizinkan aku lolos USM PKN-STAN dan ada di Prodip I Pajak, tepatnya di BDK Malang.

Ketika awal masuk, sempat ada keraguan pada hati ini. “Waduh, ketemu Akuntansi lagi!”

Terlebih pada semester I aku mendapatkan dosen yang belum begitu cocok dengan cara belajarku, sehingga aku sering kebingungan mengikuti materi Akuntansi. Untungnya ada teman-teman dari Magic Girl*, The Foxes*, dan teman-teman lain di BDK Malang yang selalu sabar menuntunku dalam memahami Akuntansi.

Ketika H-1 UTS pun, aku belum memahami apa itu Jurnal Penyesuaian. Alhamdulillah Allah mengirimkan pemahaman itu melalui pengajaran oleh Magic Girl*.

Seusai UTS pun, aku tetap harus mengejar pemahaman itu, karena aku masih diajar oleh dosen yang sama. Alhamdulillah, teman-teman The Foxes* dan Magic Girl* serta teman-teman BDK Malang lainnya mau mengajarkan padaku.

Alhamdulillah, ketika semester kedua ini doaku terkabul. The Foxes* mendapatkan dosen akuntansi yang sesuai dengan cara belajarku. Siapa beliau? Bu Fatimah, Widyaiswara BDK Malang.

Materi Akuntansi di semester kedua ini makin sulit dibandingkan semester pertama. Aku harus berhadapan dengan benda-benda abstrak, seperti saham (share), obligasi (bond), hutang hipotik (mortgage), dan istilah-istilah “ajaib” lainnya.

akun
Wah, issues itu menggosipkan, ya? Oh tidak! Itu penerbitan saham! Dasar Nabilla Eda tukang gosip!

Semoga kami dapat memahami materi Akuntansi yang semakin kompleks ini. Tidak ketinggalan juga pelajaran kami yang lain. Aamiin …

 

*Magic Girl adalah teman kos dari TC 7, The Foxes adalah kelasku kini, yaitu Pajak F PKN-STAN BDK Malang.

Penulis: nabillaeda

Aquaforager / FiNe

Tinggalkan Balasan

