[to the questioner]

Pada beberapa waktu lalu, saya menuliskan tentang pengalaman tes PKN STAN yang meliputi tes tertulis, tes kesehatan dan kebugaran (TKK), dan tes kompetensi dasar (TKD), yang sekarang lebih dikenal dengan seleksi kompetensi dasar (SKD).

Terakhir, Terpilih! : Sebuah Perjuangan

Alhamdulillah, saya juga turut senang tulisan tersebut bermanfaat bagi banyak orang, khususnya untuk adik-adik yang ingin menjadi mahasiswa di PKN STAN.

Berikut ada beberapa hal yang mungkin ditanyakan :

Q : Mbak, bisa meminta nomor WA?

A : Silakan hubungi melalui kontak yang sudah disertakan dalam pos tersebut. Di antaranya IG, Line, dan surel (e-mail).

Q : Pada jam berapa Mbak bisa dihubungi?

A : Bisa dikirim kapan saja kok, namun biasanya saya membalas pada jam-jam di mana saya luang.

Q : Kok zaman Mbak berbeda ya dengan zaman saya/anak saya tes?

A : Tidak semua prosedur yang berlaku pada tahun saya tes berlaku pada tahun Adik/Ananda juga. Bisa jadi berbeda, meski untuk hal-hal yang mendasar biasanya sama.

Q : Apa penentu saya/anak saya bisa masuk PKN STAN? Kenapa kok ada anak yang masuk Prodip I/III/IV?

A : PKN STAN menggunakan tes dengan sistem gugur. Apabila tidak memenuhi syarat tentu saja gugur. Untuk penentuan masuk di prodip I/III/IV dan jurusan, itu PKN STAN yang menentukan. Sampai saat ini saya belum tahu apa saja yang dapat menjadi pertimbangan untuk dimasukkan pada prodip I/III/IV dan jurusan apa kecuali jurusan Bea Cukai yang sudah jelas-jelas mensyaratkan persyaratan tertentu.

Q : Di mana saya dapat membeli buku persiapan PKN STAN?

A : Di toko buku semacam Gramedia, Togamas, dan sebagainya cukup banyak. Kalau untuk lokasinya secara detail, mohon maaf saya hanya mengetahui lokasi Surabaya saja. Bisa juga pesan melalui media online atau melalui organisasi daerah (organda) setempat.

Baiklah, sekian.

 

 

 

 

Penulis: nabillaeda

Aquaforager / FiNe

Tinggalkan Balasan

