Q&A Berjilbab

Q&A berjilbab versi Bahasa Jawa

Saat ini, banyak Q&A berhijab dalam berbagai bahasa. Kali ini, aku ingin menyajikan Q&A berhijab dalam Bahasa Jawa. Mengapa?

– Sebagai orang Surabaya (walau bukan asli Surabaya, sih) Bahasa Jawa (khususnya logat Suroboyoan) begitu akrab di telinga.
– Kata-katanya “nendang”.
– Sebagai sarana dakwah.
– Belum banyak di-post (tidak sebanyak yang versi Bahasa Indonesia, maksudku).
– Belajar bahasa daerah sendiri.

Sebetulnya masih banyak lagi alasannya, hehe.

Tak usah banyak bicara, mulai saja ya.

Wes gausah kakean omong, takok ae!

1. Sok sokan! Pencitraan! Sek pencilakan ae tek gaya nganggo jilbab barang!
– yo penak sok sokan se timbangane aurate mbukak, haha!

Sok sokan kau! Pencitraan! Masih banyak tingkah saja sudah mau gaya memakai jilbab!

Ya enak sok-sokan lah, daripada auratnya terbuka, haha!

2. Kon jilbaban dadi koyok guru ngaji, padahal ngajimu sek grotal gratul!
– Aamiin wes ngajiku iso lancar jaya wazwez koyok bu guru ngaji. Timbang kon ngelok ngelokno aku, ayo ngaji bareng wes.

2. Kau berjilbab mirip guru ngaji, padahal ngajimu masih belum lancar!
Aamiin semoga ngajiku lancar seperti guru ngaji. Daripada kau mengejekku, ayo ngaji bersama.

3. Kon iku kate nang ndi seh? Ngono iku klambi qosidahan guduk klambi mlaku mlaku! Awak dewe iki kate nang mal lo! Gak isin mbek wong kono seng klambine gaya gaya?
– Allah ndelok kon iku gak pas pengajian tok mbak! La lapo isin? Aku gak mudoh kok, haha.

3. Kau itu hendak ke mana? Baju seperti itu adalah baju untuk qasidah, bukan baju jalan-jalan! Kita ini hendak ke mal! Tak malukah kau dengan orang-orang di sana yang pakaiannya gaya-gaya?
Allah melihatmu tidak hanya di pengajian! Mengapa malu? Saya tidak telanjang kok.

4. Hawane panas ngono kon sek betah ae jilbaban?
– Yo betah lah. Jilbab iku nggawe ndasku adem soale gak kenek panas langsung! Aku takok yo nang kon, panas ndi seh suroboyo ambek neroko?

4. Hawanya panas begini kau masih betah saja berjilbab?
Ya betah lah. Jilbab membuat kepalaku dingin karena tidak terkena panas langsung! Aku bertanya padamu, panas mana sih Surabaya dibandingkan neraka?

5. Jilbaban iku nggarai gusiken tumoen lo hiii…
– Sopo sing ngomong? Nek ancen ono sing koyok ngono, seng kudu dibenerno iku carane ngramut rambute guduk nyalahno jilbabe! Misale yo, mari sampoan yo ojo langsung diukep ndase!

5. Berjilbab itu menyebabkan rambut berketombe dan berkutu lo, hi…
Siapa yang bilang? Bila memang ada yang seperti itu, yang harus diperbaiki adalah caranya merawat rambut, bukan menyalahkan jilbab! Semisal, bila kau baru saja habis menyampoi rambutmu, jangan langsung kau tutup kepalamu!

6. Gak rempong a jilbab dowo dowo?
– Yo gak rempong la boz! Betewe, rempong ndi mbek kudu ngemodel rambute sampek modal madul? Rempong ndi ambek mek-apan? Rempong ndi ambek milih klambi seng “kurang kain”?

6. Tak repotkah berjilbab panjang-panjang?
Ya tentu saja tidak repot. Ngomong-ngomong, repot mana bila dibandingkan harus menata rambutmu hingga tidak karuan? Repot mana bila dibandingkan dengan ber-make-up? Repot mana bila dibandingkan dengan memilih baju yang kurang kain?

7. Sopo lanang seng gelem mbek kon nek kon jilbaban? Wes raimu yo pas pasan ngono.
– Santai.. ono lah, lanang seng sholeh Aamiin

7. Siapa lelaki yang mau denganmu bila kau berjilbab? Mukamu pas-pasan.
Santai… tentu saja ada, lelaki yang shalih, Aamiin.

8. Kon lo ayuan gak jilbaban, nek gak jilbaban kon ayu koyok yuyu (?)
– Alhamdulillah, saiki ayuku tak simpen, tak jogo, timbangane ditontok karo wong sing gak-gak. Ben bojoku ae sing nontok ngkok!

8. Kau lebih cantik bila tak berjilbab, bila tak berhijab kau secantik kepiting (?)
Alhamdulillah, sekarang cantikku kusimpan dan kujaga daripada ditonton lelaki yang tidak-tidak. Biarlah suamiku saja yang melihat nanti!
(PS : Ya aku nggak mau kalau kamu bilang cantik… tapi disamain sama kepiting. Jilbaban aja, enak, lebih cantik dari kepiting)

9. La terus yaopo ambek kegiatanmu (seng elek) seng sakdurunge?
– Aku wes mantep ninggalno kegiatanku (seng elek) seng sadurunge, pengen luwih taat nang Allah wez. Kan sek akeh kegiatan liane seng luwih manfaat, luwih nyidekno awakku nang Allah. Koyok baksos, ngajar arek cilik, sek akeh kan?

9. Lalu bagaimana dengan kegiatanmu (yang negatif) yang sebelumnya?
Aku sudah mantap meninggalkannya, ingin lebih taat pada Allah. Kan masih banyak kegiatan yang lebih bermanfaat dan mendekatkan diriku pada Allah, seperti baksos, mengajar anak-anak, masih banyak kan?

10. Nek aku jilbaban yaopo mbek klambiku seng sadurunge? Mosok diguwak?
– Yo gak diguwak sisan. Isok seh dienggo, tapi nang omah ae. Nek gak pingin nganggo, yo museumno ta dedelen kanggo gawe kerajinan (taplak, tas, …)

Kalau aku berjilbab bagaimana dengan pakaianku yang sebelumnya? Masa dibuang?
Ya nggak dibuang juga. Boleh sih dipakai, tapi di rumah saja. Kalai nggak ingin make, ya museumkan atau uraikan/ubah jadi kain lagi menjadi kerajinan (misalnya taplak, tas, dll)

11. Kon jilbaban? Gak iso mesoh mesoh maneh lakan. Biasane ae, kon titik titik ngomong ****, ******, ***, ****** sampek tau kepek guru (yo intine kata kata mesoh lah)
– Yo enak to. Mesoh mesoh iku diganti ambek dzikir, enak to luwih ngademno ati. Dungakno wes aku gak mesoan meneh Aamiin

Kau berjilbab? Nggak bisa mengumpat lagi dong? Biasanya aja, dikit-dikit ngomong kata-kata kotor.
Ya enak kan. Kata-kata kotor itu diganti dengan zikir, enak kan, lebih menenteramkan hati. Doakan aku tidak lagi gemar mengumpat, Aamiin.

12. Berarti kon nek jilbaban gaisok bebas lakan?
– Timbangane bebas bablas, mending dijogo ae wes. Sopo sing kate njogo awake nek guduk Allah lan awakmu dewe?

Berarti kalau kamu berjilbab nggak bisa bebas lakan?
Daripada kebebasan yang keterlaluan, lebih baik dijaga. Siapa yang mau menjaga diri kita selain Allah dan dirimu sendiri?

13. Kon jilbaban pengen putih yo? Lalapo! Wong awakmu wes uireng ngono!
– Dungakno tambah putih wes haha. Gak awake tok seng putih, tapi atine yo iyo.

Kamu berjilbab ingin putih ya? Ngapain! Kamunya udah hitam gitu!
Doakan tambah putih, haha. Nggak cuma badannya, tapi hatinya jugak.

14. Tuku jilbab iku ngentek ngentekno duwike wongtuo ae!
– Lah tuku rok mini karo katok gemes, makeup, lalala iku opo gak gawe tekor a? Jilbab leh mok seketewu, oleh seng apik sisan.

Beli jilbab itu menghabiskan uang orang tua saja!
Lah membeli rok mini dan celana pendek, makeup, lalala itu apa nggak mbuat tekor? Jilbab lo harganya 50 ribu, dapat yang bagus pula.

17. Gak trendi lakan, haha!
– kon iki nurut Allah ta nurut trend seh? Wong sing nyiptakno awak awak iki Allah!
Nggak trendi lakan, haha!
Kamu ini nurut Allah atau trend? Yang menciptakan kamu itu Allah!

18. Gumbulanmu gak ono sing jilbaban ngono! O iyo, timbangane copat copot gausah jilbaban ae
Dungakno konco koncoku ndang jilbaban. Iyo seh biyen aku tau copat copot, tapi saiki Alhamdulilah wes gak. Oyo kanggo konco koncoku seng sek copat copot, ndang dinggo terus yo. Nek dilokno ‘gausah jilbaban ae’ gak usah loro ati. Yo buktekno!

Teman-temanmu nggak ada yang jilbaban gitu! Oya daripada lepas pasang nggak usah jilbaban aja!

Doakan teman-temanku segera berjilbab. Ya sih, dulu aku pernah lepas pasang, tapi sekarang alhamdulillah pakai terus.
Oh ya, buat teman temanku yang masih lepas pasang, segera dipakai terus ya! Kalau diejek nggak usah sakit hati, ya buktikan!

19. Aku pingin jilbaban sakjane, tapi gakoleh wongtuwa, sek cilik jare…
– Awak iki wes balig. Wes gede. Dosa wes ditanggung dewe. Jelasno nang wong tuwamu jilbaban iku kewajiban seko Allah, guduk tradisi ta trend.

Aku ingin jilbaban sebetulnya, tapi nggak boleh ortu, masih kecil katanya…
Kita ini sudah balig, sudah besar. Dosa sudah ditanggung sendiri. Jelaskan pada ortumu kalau jilbab adalah kewajiban dari Allah, bukan tradisi atau trend.

20. Aku pengen tuku jilbab… tapi gaeroh nggone ndi…
– Wes tancap gas ae nggelek toko jilbab iku easy. Nek Suroboyo onok royal, dtc, itc, tp, rabbani, sek akeh maneh.

Aku pingin beli jilbab, tapi nggak tau di mana tempatnya…

Sudah, tancap gas saja! Mencari toko jilbab itu mudah. Di Surabaya ada royal, dtc, itc, tp, rabbani, dan masih banyak lagi.

Sebetulnya masih banyak sih, tapi cukup 20 dulu saja agar ringkas.

Oh iya, untuk yang misuh-misuh itu sengaja aku sensor semua, agar tidak ditiru, hehe.
Selamat menikmati saja, hehe.

Kata-kata:

Kon : kamu
Awak : kita

1. Pencilakan : banyak polah, cawak.
2. Grotal-gratul : tidak lancar, terbata-bata.
3. Gusiken : berketombe.
4. Tumoen : berkutu rambut.
5. Diukep : ditutup.
6. Rempong : repot, ribet.
7. Modal-madul : tidak karuan.
8. Gumbulan : perkumpulan, kelompok.
9. Meso, misuh : mengumpat, berkata kotor.

Terimakasih pada Allah SWT. Karena tanpa izinNya, tulisan ini tidak akan tercipta.

Terimakasih juga untuk Sandy, teman sebangkuku, yang sudah memberi saran dan koreksi untuk tulisan ini.

Terimakasih juga untuk buku-buku tentang berhijab.

Iklan